Rabu, 24 Agustus 2016

Mengatasi Kantuk di Kantor Setelah Begadang Semalaman


           Setelah anda tidak tidur semalaman karena menyelesaikan pekerjaan mendesak atau karena begadang nonton bola, keesokan harinya tubuh anda akan merasa kelelahan. Kelelahan setelah begadang semalaman bisa menurunkan imun, bahkan bisa menyebabkan kualitas kerja menurun.
Tubuh dan otak anda membutuhkan istirahat, jika dipaksakan untuk berjaga semalaman hasil kerja tubuh dan otak tentunya tidak akan optimal. Jika sudah menjadi keharusan anda begadang selama semalaman usahakan kejadian tersebut tidak terjadi di malam-malam berikutnya. Anda juga memerlukan istirahat dan pemulihan agar sistem metabolisme di dalam tubuh tidak menurun.
Berikut ada beberapa cara dan tips yang bisa dilakukan untuk mengatasi kantuk di kantor setelah begadang, cara di bawah ini juga bisa dilakukan untuk memulihkan sistem otak dan tubuh kita agar bisa bekerja lebih maksimal.

1. Minum air putih

Dengan menjaga cairan tubuh, anda bisa menghindari diri dari rasa ngantuk yang mungkin akan mengganggumu saat jam kerja. Minum air putih bisa membuat anda terus terjaga saat bekerja setelah begadang semalaman.

2. Melakukan relaksasi atau olahraga ringan

Untuk dapat membuatmu tetap fit, lakukan stretching untuk melemaskan otot-otot anda. Hal tersebut akan lebih efektif mengusir kantuk dari pada anda duduk diam yang menyebabkan kantuk kembali menyerang anda. Stretching juga bisa anda lakukan dengan berjalan-jalan cepat, menuruni anak tangga atau lakukan peregangan otot.

3. Menarik napas dalam-dalam

Menarik napas dalam-dalam dan menahannya selama 15 detik dan mengeluarkannya pelan-pelan melalui mulut akan sangat membantu masuknya oksigen ke dalam otak yang akan membuat anda tidak ngantuk lagi. 

4. Mengkonsumsi teh/kopi

Minum teh/kopi bisa membuat anda lebih terjaga, karena teh dan kopi mengandung kafein yang bisa membuat jantung memompa darah lebih cepat. Dengan begitu anda akan terus terjaga.

5. Ngobrol

Cara lain untuk mengurangi kantuk ialah dengan ngobrol. Anda bisa mengajak ngobrol rekan kerja anda, topiknya bisa apa saja yang penting bisa mengusir rasa kantuk anda. Karena dengan mengobrol anda bisa mengusir rasa kantuk ketika bekerja. 

6. Pilih camilan yang sehat

Mengkonsumsi camilan yang sehat dapat meningkatkan energi anda dan mengurangi rasa kantuk. Camilan yang bisa dikonsumsi yakni seperti kacang-kacangan, buah segar, Yogurt, batang seledri atau kerupuk gandum.

7. Dengarkan Musik Favourite

Mendengarkan musik bisa membantu anda mengusir rasa kantuk dan lelah saat jam kerja. Mendengarkan musik akan mengembalikan mood dan menghilangkan rasa kantuk yang tengah menyerang. Sebaiknya pilihlah musik yang menyebabkanmu semangat dan tidak ngantuk.
8. Tidur sebentar

Jika kondisi memungkinkan atau jika anda memiliki waktu istirahat siang yang lebih, anda bisa mengalokasikan waktu kira-kira 15-20menit untuk tidur. Karena rasa ngantuk setelah begadang bisa diatasi dengan melakukan tidur singkat.

     Itulah tadi tips yang bisa anda lakukan untuk mengusir kantuk saat jam kerja dan bisa membuat anda tetap terjaga setelah begadang semalaman. Ada baiknya anda menghindari kebiasaan begadang agar metabolisme dalam tubuh dapat berjalan dengan baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar