Minggu, 18 September 2016

Cara Mengatasi Bibir Kering dan Hitam; Tips Merawat Bibir Agar Sehat dan Cantik



Cara Mengatasi Bibir Kering dan Hitam- Bibir merupakan bagian yang mampu menarik perhatian orang lain. Bagian bibir akan memberi kesan percaya diri dan memunculkan kharisma seseorang. Bagi sebagian orang, salah satu bagian wajah yang mereka lihat dan perhatikan terlebih dahulu ialah bagian bibir. Namun tak jarang bibir kita kering dan pecah-pecah, serta memiliki warna gelap tidak segar. Penggunaan lipstik memang sangat membantu untuk menutupi bibir yang kering dan gelap. Tapi berikut ada cara-cara alami yang dapat membantu anda untuk mengembalikan warna cerah pada bibir serta mengobati bibir yang kering dan pecah-pecah.Sebab memiliki bibir yang berwarna gelap dan kering akan mengganggu penampilan sehari-hari, tak jarang juga menyebabkan hilangnya rasa percaya diri. Dengan langkah-langkah yang telah dirangkum di bawah dijamin anda akan memiliki bibir yang cerah dan memukau.

Cara-cara berikut merupakan tips merawat bibir agar tampak cerah menawan:
a. Wortel
Wortel sangat bermanfaat untuk melembabkan kulit yang salah satunya adalah kulit bibir. Caranya: Parut satu batang wortel lalu peras hingga diperoleh sari wortel. Minum sari wortelnya dan oleskan ampas sisa perasan wortel pada bibir hingga merata maka bibir pecah-pecah akan hilang dan warna bibir menjadi lebih cerah.
b. Mentimun
Kandungan vitamin C yang terdapat pada mentimun mampu mengembalikan kelembaban bibir secara alami. Caranya: Cukup dengan memijat bagian bibir secara perlahan menggunakan irisan timun minimal dua kali sehari.
c. Jeruk
Tidak perlu diragukan lagi tentang kandungan vitamin C yang terdapat pada buah jeruk. Hanya dengan mengonsumsinya secara langsung atau membuatnya menjadi jus masalah bibir kering dapat teratasi sekaligus mampu memperkuat daya tahan tubuh.
d. Tomat
Buah tomat ternyata memiliki kandungan vitamin C yang cukup ampuh untuk mengatasi bibir kering. Caranya: Oleskan irisan tomat pada bibir sambil memijatnya secara perlahan minimal 2 kali sehari agar kelembaban bibir dapat terjaga dengan baik
e. Madu
Cairan manis yang berasal dari lebah ini memiliki manfaat untuk melembabkan kulit bibir. Madu merupakan pelembab yang juga memiliki sifat penyembuhan dan antibakteri untuk mengobati bibir pecah-pecah. Caranya: Oleskan saja madu pada bibir secara merata dan pijatlah secara perlahan agar bibir tetap lembab dan menjaganya agar tidak retak. Lakukan hal ini setiap hari untuk mendapatkan hasil yang maksimal.
f. Gula
Gula akan membantu pengelupasan sel-sel mati dari bibir pecah-pecah, untuk memulihkan kelembutan dengan lebih cepat.Caranya: Campur dua sendok teh gula dengan satu sendok teh madu, hingga lembut. Lalu oleskan campuran tersebut ke bibir dan biarkan selama 3-5 menit. Setelah itu, gunakan jari untuk menggosok campuran tersebut secara lembut di sekitar pada bibir untuk melonggarkan sel kulit mati. Cuci dengan air hangat.
g. Mawar
Bunga mawar selain indah, juga bermanfaat untuk menyembuhkan bibir pecah-pecah. Bunga ini juga akan membantu bibir tetap lembab dan meningkatkan pewarnaan yang bagus. Caranya: Cuci kelopak mawar secara bersih dalam air. Rendam kelopak mawar dalam susu selama beberapa jam. Remat kelopak mawar menjadi adonan. Lalu oleskan pada bibir kering 2-3 kali dalam sehari dan setiap malam sebelum tidur.
h. Lidah Buaya
Kualitas manfaat dari lidah buaya tidak perlu diragukan lagi. Selain untuk perawatan wajah dan rambut, lidah buaya ternyata dapat menyembuhkan bibir kering dan pecah-pecah. Caranya: Oleskan gel lidah buaya pada bibir yang kering setiap hari, akan membantu menyembuhkan dan mengurangi rasa sakit/perih pada bibir. Gel lidah buaya mungkin terasa kurang enak di bibir, tapi kualitas penyembuhan yang luar biasa.
i. Gunakan pelindung bibir
Memakai lips balm bertabir surya saat cuaca kering dan dingin membuat bibir mendapat perlindungan optimal dari pengaruh cuaca. Semakin sering beraktivitas di luar ruangan, semakin sering pula kebutuhan menggunakan pelindung bibir.
j. Pilihlah lipstik yang aman
Hindari penggunaan lipstick yang mengandung pewarna sintetis dan juga pewangi yang berpotensi menimbulkan iritasi
k. Jika ditemui bibir kering, jangan langsung mengelupasnya, gunakan sikat gigi halus atau handuk basah untuk membersihkan bibir dan mengelupas sel kulit mati, setelah bersih gunakan lip glass
l. Menghindari bibir hitam perlu diperhatikan hal berikut ini : jangan merokok, kurangi kafein, hindari terlalu lama terkena sinar matahari langsung dan jangan biasakan menggigit-gigit atau menjilat bibir
m. Dalam cuaca yang ekstrim seperti terlalu dingin atau terlalu panas lindungi bibir dengan pelembab bibir dan kompreslah 2-3 kali sehari dengan air hangat
Nah, itulah tips-tips lengkap yang bisa mengembalikan warna cerah bibirmu dan mengatasi masalah bibir kering. Silahkan mencoba!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar